Jumat, 28 Oktober 2016

Cara Alami Menghilangkan Bau Mulut Tanpa Obat

Cara menghilangkan bau mulut secara alami
Cara Cepat Menghilangkan Bau Mulut Tanpa Obat

Cara Menghilangkan Bau Mulut - Bau mulut tak sedap tentu akan mempengaruhi kepercayaan diri seseorang bahkan dapat memberikan dampak kepada orang sekitarnya. Masalah bau mulut sepertinya sudah menjadi masalah yang besar terbukti dari banyaknya orang yang mencari cara menghilangkan bau mulut.

Untuk menghilangkan bau mulut sebenarnya tidaklah sulit untuk dilakukan, hanya saja butuh tahapan-tahapan yang tepat untuk mengatasinya. Anda tidak bisa menghilangkan bau mulut tak sedap tersebut dalam waktu singkat, contohnya ingin mengatasi bau mulut dalam waktu 1 hari. Hal tersebut sangat mustahil untuk dilakukan, bahkan dengan menggunakan obat penghilang bau mulut sekalipun.

Penyebab Bau Mulut Tak Sedap


Masalah bau mulut atau Halitosis dalam istilah medisnya terkadang muncul karena hal sepele seperti kebersihan mulut dan gigi, namun kondisi ini juga bisa menjadi kronis, bahkan bau mulut dapat menjadi sinyal adanya kondisi medis yang serius. Maka dari itu cara yang tepat untuk mengetahui masalah lain akibat bau mulut adalah dengan mencari penyebabnya. Berikut beberapa penyebab bau mulut yang perlu diperhatikan.

#1. Kebersihan Gigi Tidak Terjaga


Sebuah penelitian oleh International Journal Of Oral Science menyatakan bahwa 85% kasus bau mulut disebabkan karena gigi yang tidak bersih. Sisa makanan pada gigi menjadi pemicu pertumbuhan bakteri. Karena bakteri menyukai tempat yang lembab, basah dan hangat. Bakteri inilah yang menyebabkan bau mulut. Karena bakteri-bakteri ini menghasilkan senyawa sulfur yang berbau seperti telur busuk.

#2. Banyak Mengkonsumsi Makanan Penyebab Bau Mulut


Secara umum bau mulut bisa muncul akibat mengkonsumsi makanan yang berpotensi membuat bau mulut, makanan-makanan ini contohnya bawang, jengkol petai dll. Juga makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dapat menyebabkan bau mulut. Makanan berkarbohidrat tinggi mengandung gula yang tinggi dan dapat menarik pertumbuhan bakteri di mulut.

#3. Kurang Asupan Air


Kurangnya asupan air dalam tubuh juga menjadi penyebab bau mulut. Karena jika tubuh kekurangan asupan air, maka akan mempengaruhi produksi air liur, padahal air liur berfungsi untuk membunuh bakteri-bakteri dimulut. Juga air liur berfungsi untuk menjaga sel-sel didalam mulut tetap hidup. Dan jika sel-sel didalam mulut banyak yang mati karena kekurangan air liur, maka sel-sel yang mati tadi akan menimbulkan bau busuk.

#4. Kadar Asam Lambung Tinggi


Kadar asam lambung yang tinggi ini menyebabkan sakit maag. Pernahkah anda mengalami sakit maag? Jika anda pernah mengalami sakit maag, maka anda akan sadar bahwa sakit maag juga mempengaruhi bau mulut. Umumnya ketika menderita maag, maka tubuh akan sering bersendawa dan diikuti dengan aroma bau busuk seperti asam cuka.

#5. Adanya Penyakit Serius


Kasus bau mulut akibat adanya penyakit serius mungkin sangat jarang ditemui. Namun ada beberapa kasus bau mulut yang diakibatkan oleh penyakit kanker. Dan bau busuk ini disebabkan oleh penyakit kanker tersebut.

Cara Menghilangkan Bau Mulut Secara Alami


Disini Glhealth akan memberikan solusi dalam menghilangkan bau mulut secara alami dengan menggunakan bahan-bahan tradisional yang aman untuk digunakan. Berikut cara-cara menghilangkan bau mulut permanen.

1. Kunyah Beras


Pernahkah anda mendengar orang tua dulu sering mengunyah beras untuk menghilangkan bau khas jengkol dan petai?, dengan mengunyah beras maka bau mulut akan segera hilang. Cara menghilangkan bau mulut dengan beras ini sudah terbukti ampuh dan juga aman untuk dilakukan.
Cara:
  • Siapkan beras secukupnya
  • Kemudian langsung kunyah beras tersebut
  • Lakukan cara ini 2 kali sehari secara rutin

2. Air Garam


Cara mengatasi bau mulut selanjutnya adalah dengan menggunakan air garam untuk berkumur. Berkumur dengan air biasa terkadang masih terdapat kuman-kuman penyebab bau mulut. Untuk itulah dengan berkumur air garam maka kuman-kuman tersebut akan hilang.
Cara:
  • Siapkan 1 gelas air putih
  • Tambahkan garam secukupnya
  • Aduk hingga merata
  • Kumur menggunakan air garam tersebut
Catatan:
Lakukan cara ini 2x sehari setelah sikat gigi.

3. Kopi Hitam


Kopi hitam selain menjadi minuman yang enak ternyata juga dapat menghilangkan bau mulut. Anda bisa mencobanya sendiri dan lihat hasilnya.
Cara:
  • Ambil 1 genggam kopi yang telah ditumbuk
  • Lalu kunyak kopi tersebut didalam mulut
  • Kunyah beberapa menit
  • Kemudian kumur hingga bersih
Catatan:
Anda juga bisa menggunakan kopi hitam sachet yang tidak mengandung gula. Jika anda tidak mampu menahan pahit dari kopi tersebut, anda bisa dengan cara menyeduhnya.

4. Permen karet


Selain membuat gigi putih bersinar, ternyata permen karet juga dapat menghilangkan bau mulut. Hal ini disebabkan, ketika mengunyah permen karet maka akan meningkatkan produksi air liur. Kunyah permen karet 1x dalam sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Teh Hijau


Kandungan antioksidan yang terdapat pada teh hijau dapat membunuh kuman-kuman penyebab bau mulut. Dengan rutin mengkonsumsi teh hijau maka bau mulut akan segera hilang.
Cara:
  • Siapkan 1 cangkir air panas
  • Masukkan teh hijau kedalamnya
  • Tunggu sekitar 5 menit
  • Minum air teh hijau tersebut
Catatan:
Lakukan secara rutin cara ini setiap pagi hari.

6. Daun Sirih


Pada tahun 2011 dilakukan penelitian oleh Asian Pacific Journal of Cancer Prevention yang menyatakan bahwa dengan mengunyah daun sirih (bukan memakan) adalah untuk mencegah bau mulut, membuat nafas lebih segar, bahkan dapat merawat kesehatan gigi dan gusi. Tidak heran jika orang tua dulu memiliki gigi yang sehat dengan mengunyah daun sirih.

Tips Mencegah Bau Mulut Datang Kembali


Ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghindari masalah bau mulut datang kembali. Berikut tips cara mencegah bau mulut.

1. Rajin Menggosok Gigi


Cara mencegah dan mengatasi bau mulut pertama adalah dengan rajin menggosok gigi. Lakukan ini minimal 2x sehari maka anda akan terbebas dari masalah bau mulut. Dengan menggosok gigi maka mulut akan menjadi segar dan bakteri-bakteri berbahaya akan mati. Namun perlu diiingat, jangan menggosok gigi berlebihan, misalkan 5-6 kali sehari. Hal ini tidak bagus dilakukan, karena akan menghambat produksi air liur pada mulut.

2. Mengkonsumsi Buah-Buahan


Kekurangan produksi air liur adalah penyebab bau mulut, maka dari itu dengan mengkonsumsi buah-buahan akan membuat produksi air liur tetap stabil, karena buah banyak mengandung vitamin C yang bisa mempengaruhi produksi air liur.

3. Berhenti Merokok


Jika anda tidak berhenti merokok, maka akan sulit untuk mengatasi masalah bau mulut. Apalagi merokok juga sangat berbahaya bagi kesehatan.

4. Kurangi Makanan Penyebab Bau Mulut


Dengan mengurangi mengkonsumsi makanan penyebab bau mulut seperti jengkol, petai, durian maka akan mengurangi resiko anda terkena masalah bau mulut.

5. Sarapan Pagi


Biasakan untuk sarapan pagi. Karena dengan sarapan pagi maka produksi air liur akan stabil, sarapan pagi juga termasuk pola hidup yang sehat.


EmoticonEmoticon