Jumat, 29 Juli 2016

7 Penyebab Susah Tidur (Insomnia)

7 Penyebab Susah Tidur (Insomnia)
7 Penyebab Susah Tidur (Insomnia)
Glhealth - Hal yang kan di bahas kali ini adalah 7 Penyebab Susah Tidur (Insomnia).  Apakah anda tahu bahwa manusia menghabiskan sepertiga hidupnya dengan tidur. Tapi malah ada orang yang menghabiskan waktu tidur untuk begadang, orang tersebut lebih rentan mengalami gangguan susah tidur atau insomnia. Jadi Kalau kita mengalami gangguan susah tidur, maka kesehatan tubuh kita akan menurun dan membuat aktifitas terganggu. Terus apa penyebab susah tidur atau insomnia tersebut.

Banyak faktor penyebab susah tidur insomnia, tapi yang kita bahas adalah 7 penyebab susah tidur (insomnia) utama. Untuk itu silahkan anda baca dan pahami faktor penyebab susah tidur atau insomnia berikut.

7 Penyebab Susah Tidur (Insomnia)

1. Stress



Stress adalah penyebab susah tidur atau insomnia yang sering terjadi. Susah tidur atau Insomnia adalah paduan dari gejala dan akibat dari depresi dan kegelisahan. Karena otak menggunakan sinyal serupa untuk mengatur jadwal tidur dan emosi, sangat sulit untuk menentukan mana yang harus dimunculkan lebih dulu.

Situasi atau kejadian yang membuat stres, seperti masalah uang atau perkawinan, sangat ampuh untuk memicu insomnia. Bahkan, bisa jadi masalah ini akan berkepanjangan.


2. Masalah Kesehatan


Gangguan Susah tidur juga dapat terkait dengan kondisi medis. Dengan penyakit paru-paru atau asma, misalnya, sesak napas dan bersin yang tentu saja bisa mengganggu tidur.

Apalagi, bila ini terjadi saat dini hari. Bila Anda mengalami penyakit jantung, bisa saja Anda punya pola bernapas yang tidak normal.

3. Konsumsi Obat


Obat - obat yang dijual secara bebas maupun dengan resep dokter dapat membuat anda susah tidur karena dikonsumsi dengan dosis yang berlebihan. Boleh saja konsumsi obat asalkan dengan dosis yang ringan saja.

4. Jet Lag


Melintasi zona waktu bisa mengacaukan jam biologis ini. Jam inilah yang memerintahkan otak Anda tidur ketika gelap dan terbangun saat terang. Tubuh Anda baru dapat menyesuaikan dengan satu perubahan dalam tiga hari.

Bila Anda kerap melintasi berbagai zona waktu, jet lag dapat menyebabkan masalah gangguan pada tidur.

5. Perubahan Terhadap Hormon


Menstruasi, menopause, dan kehamilan merupakan sumber utama masalah tidur pada perempuan. Ruam panas, masalah payudara, atau sering buang air kecil juga mengganggu pola tidur teratur.

Menurut sebuah lembaga yang menangani masalah tidur, sekitar 40 persen yang mengalami masa transisi menjelang menopause kerap mengalami masalah tidur.

6. Masalah Kesehatan Tubuh


Kesulitan tidur juga dapat terkait dengan kondisi medis. Dengan penyakit paru-paru atau asma, misalnya, sesak napas dan bersin tentu saja bisa mengganggu tidur.

Apalagi, bila ini terjadi saat dini hari. Bila Anda mengalami penyakit jantung, bisa saja Anda punya pola bernapas yang tidak normal. Parkinson dan penyakit saraf lain juga mencuatkan insomnia sebagai efek samping.

7. Mengorok Saat Tidur


Aneh bukan rasanya, kenapa mengorok masuk sebagai penyebab susah tidur atau insomnia. tapi jangan salah dalam sejumlah kasus, mengorok merupakan gejala dari sleep apnea, kelainan yang dikaitkan dengan penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan stroke.

Itu adalah faktor penyebab mengalami gangguan susah tidur (insomnia). untuk mengatasi masalah susah tidur insomnia, anda bisa baca disini : Cara Mengatasi Susah Tidur (Insomnia) Tanpa Obat.

Demikian ulasan tentang 7 Penyebab Susah Tidur (Insomnia). Semoga dengan informasi ini anda dapat mencegah mengalami susah tidur (insomnia).

Jika Artikel ini bermanfaat mohon untuk di share dan like. dan jangan lupa untuk memberikan komentar dibawah ini terima kasih.


EmoticonEmoticon